Workshop Langkah Sukses Menyusun Skripsi

  Sabtu, 17 Maret 2018      Admin

Rounded Image
 
[www.stai-aljawami.ac.id] Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP2M) bekerjasama dengan Unit Penjaminan Mutu (UPM) STAI Yapata Al-Jawami menggelar Seminar dan Workshop Langkah Sukses Menulis Skripsi dan Jurnal Ilmiah bagi mahasiswa. Kegiatan dibuka pada hari sabtu, 17 Maret 2018 di Aula STAI Yapata Al-Jawami lt. 2.

Kegiatan ini diikuti 50 mahasiswa dari program studi Penddikan Agama Islam dan program studi Hukum Ekonomi Syariah. Dalam sambutannya, Ketua STAI menyampaikan bahwa skripsi adalah kegiatan mandiri, kesuksesan skripsi bergantung pada diri sendiri bukan pada dosen pembimbing. Sehingga mahasiswa harus memotivasi diri agar sukses dalam menyusun skripsi dan cepat selesai.

Acara workshop diawali dengan materi “Kiat Sukses Penulisan Skripsi” yang disampaikan oleh Udin Juhrodin, M.M.Pd. Dalam pemaparan materinya, dosen sekaligus ketua Prodi PAI ini menjelaskan tentang standar penulisan skripsi, menyususn proposal skripsi, mengelola penulisan skripsi, dan menyusun bagian-bagian skripsi.



Kegiatan dilanjutkan dengan materi “Menulis Artikel Ilmiah untuk Jurnal Mahasiswa” yang disampaikan oleh Rizal Muttaqin, M.A. Dalam pemaparan materi tersebut dijelaskan pentingnya publikasi ilmiah bagi mahasiswa, format jurnal ilmiah mahasiswa, dan teknik penulisan jurnal ilmiah mahasiswa. Dosen sekaligus wakil ketua bidang administrasi dan keuangan ini juga menjelaskan bahwa untuk memfasilitasi publikasi ilmiah mahasiswa, STAI sudah menyediakan website berbasis open journal system yang bisa diakses di http://stai-aljawami.ac.id/.

Kegiatan seminar dan workshop ini ditutup dengan materi yang disampaikan oleh Hj. Lilis Solihah, M.Ag. sebagai Kepala Unit Penjaminan Mutu tentang standar mutu penelitian di STAI Yapata Al-Jawami. Pada sesi ini juga dibahas tentang kendala-kendala penyusunan skripsi yang sering dialami oleh mahasiswa, mencakup: lamanya waktu menempuh skripsi, kemampuan kognitif, pribadi, pembimbingan, dan kendala yang lain.

Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat mengatasi kendala skripsi yang dihadapi sehingga bisa lulus tepat waktu. Hasil balikan dari kegiatan ini mahasiswa berharap agar kegiatan semacam ini diadakan kembali dengan kuota peserta lebih banyak, sehingga banyak mahasiswa yang mendapatkan manfaat dari kegiatan seminar dan workshop langkah sukses menulis skripsi ini.