STAI Gelar Seminar Internasional

  Sabtu, 10 Desember 2016      Rizal Muttaqin

Rounded Image
 
[www.stai-aljawami.ac.id] STAI Yapata Al-Jawmai menggelar seminar Internasional bertemakan Internasional Seminar on Character Education in Islamic Perspective. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (10/12/2016) tersebut, bertempat di Auditorium STAI Yapata Al-Jawami Bandung.

Ketu STAI, Hasjim Rochimi di ruang kerjanya mengatakan, kegiatan seminar ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran tentang memudarnya karakter peserta didik sebagai ekses negatif perkembangan teknologi informasi dan globalisasi.

“Maka dari itu, menjadi signifikan untuk diadakannya forum dialog antar berbagai pihak dalam rangka memperjelas konsep, gagasan, paradigma, dan praktik penguatan pendidikan karakter khususnya dalam perspektif Islam.” tandas Hasjim. Masih menurut Hasjim, hal tersebut penting dilakukan untuk menemukan kesamaan persepsi dan langkah bersama atas rencana penguatan pendidikan karakter khususnya di lingkungan dua instansi pemerintah yaitu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementrian Agama yang berhubungan langsung dengan program tersebut.

“Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi terciptanya kebijakan pendidikan yang lebih mengedepankan penguatan nilai dan karakter anak didik, sehingga mampu menjadi manusia pemimpin masa depan yang lebih bertanggungjawab,” harap Hasjim.

Seminar tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Agus Abdul Rahman, S.Psi., M.Psi., menghadirkan sejumlah narasumber kompeten dibidang pendidikan seperti Dr. Abd Ath-Thawab Abd. Allah Hussein (Founder ICVE Mesir) Prof. Dr. H. Adang Hambali, M.Pd. (Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung) dan para nara sumber kompeten lainnya.

Acara yang berjalan hangat tersebut, diikuti sedikitnya 150 orang peserta dari berbagai kalangan, seperti lembaga pendidikan dan ormas keagamaan, akademisi, praktisi pendidikan, peneliti dan tokoh masyarakat ini diharapkan mampu menjadi media sosialisasi pentingnya penguatan pendidikan karakter bagi anak-anak didik.