Pengenalan Budaya Akademik Mahasiswa Baru

  Sabtu, 16 September 2017      Admin

Rounded Image
 
[www.stai-aljawami.ac.id] STAI Yapata Al-Jawami menyelenggarakan Ta’aruf dan Pengenalan Budaya Akademik selama empat hari yang diikuti oleh 107 mahasiswa. Pengenalan budaya tersebut diberikan agar mahasiswa memiliki kematangan berpikir sebagai calon ilmuwan dan akademisi. Selain mengenalkan budaya akademik, tema lain yang menjadi isu adalah penanaman tentang pentingnya akhlakul karimah dan moralitas.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua I STAI Yapata Al-Jawami, Dr. KH. Enden Haetami, M.Ag. seusai pelaksanaan pembukaan Ta’aruf dan Pengenalan Budaya Akademik bagi mahasiswa baru STAI Yapata Al-Jawami di Auditorium STAI Yapata Al-Jawami, Sabtu (16/9/2017) yang ditandai dengan pelepasan balon. Pembukaan dihadiri Ketua STAI, para Wakil Ketua, Ketua Prodi, bagian kemahasiswaan, serta Senat Mahasiswa dan Dewan Mahasiswa.

Budaya akademik harus banyak dikenalkan kepada mahasiswa baru sejak dini. Hal itu bertujuan agar para mahasiswa dapat memahami lingkungan akademik tempat mereka belajar. Melalui pengenalan budaya akademik, mahasiswa juga diharapkan kelak dapat menyelesaikan studinya dengan baik dan berprestasi, papar Enden.

Ia mengatakan, selama mengikuti orientasi, para mahasiswa akan dibekali beragam materi yang terkait dengan studi mereka selama belajar di kampus. Materi yang diberikan diantaranya terkait dengan kebijakan akademik dan peraturan-peraturan akademik di tingkat STAI dan di tingkat Prodi.

Pemberian materi tentang budaya akademik di tingkat STAI akan dilakukan secara bersama. Sedangkan materi keprodian diberikan di prodi masing-masing. Karena setiap prodi memiliki kekhasan masing-masing. Sementara materi tentang keorganisasian akan dilakukan oleh Senat Mahasiswa dan Dewan Mahasiswa serta Unit Kegiatan Mahasiswa, jelasnya.