Prodi PAI Menerima Visitasi Akreditasi

  Jum'at, 24 November 2017      Admin

Rounded Image
 
[www.stai-aljawami.ac.id] Pada tanggal 23-25 November 2017, STAI Yapata Al-Jawami menerima tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tim asesor akan melakukan asesmen lapangan pada Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Tim tersebut terdiri dari Dr. H. Abdul Majid Khon, M.Ag. dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. dari IAIN Tulungagung.

Ketua STAI Yapata Al-Jawami, Drs. H. Hasjim Rochimi, M.Pd., menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim asesor. Beliau menyatakan akreditasi merupakan salah satu kewajiban institusi khususnya program studi yang pelaksanaannya dilakukan secara berkala. “Kami mengharapkan masukan-masukan yang konstruktif bagi pengembangan pengelolaan akademik di kampus STAI Yapata Al-Jawami”, harapnya dalam sambutan pembukaan acara visitasi akreditasi di Ruang Aula STAI Yapata Al-Jawami, Kamis (23/11).



Kedatangan tim asesor juga disambut oleh Pembina Yayasan, Dr. H. Deding Ishak, SH., MM., Wakil Ketua I, Dr. H. Enden Haetami, M.Ag., Wakil Ketua II, Rizal muttaqin, M.A., Wakil Ketua III, H. Busiri, M.Si., Ketua Program Studi dan Kepala Unit di lingkungan STAI Yapata Al-Jawami serta seluruh civitas akademika STAI Yapata Al-Jawami.

Sementara itu Dr. H. Abdul Majid Khon, M.Ag. menegaskan kunjungan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara nasional. Dimensi yang lebih spesifik kroscek langsung yang dilakukan asesor bertujuan dalam rangka pembimbingan. “Proses akreditasi merupakan proses mengkroscek borang yang telah disampaikan. Intinya ini adalah untuk penyempurnaan borang yang telah disampaikan beberapa waktu lalu.” Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. juga menyampaikan, “bahwa tujuan dalam visitasi ini adalah memverifikasi data secara langsung,” tegasnya.



Rangkaian acara visitasi dilanjutkan dengan dialog antara asesor dengan program studi dan jajaran STAI untuk memvalidasi data yang telah dituangkan dalam borang Program Studi dan Institusi, serta dengan alumni dan stakeholder.

Pembina Yayasan, Dr. H. Deding Ishak, SH., MM., mengharapkan dalam pelaksanaan visitasi ini para asesor tidak hanya melaksanakan asesmen, tapi juga memberikan edukasi tentang pengelolaan program studi yang baik. Beliau juga mengharapkan nilai dan hasil yang terbaik dari reakreditasi ini.