Sejarah Singkat

Sejarah Singkat

Pesantren Sindangsari merupakan pesantren tradisional yang cukup terkemuka di Jawa Barat, sehingga sampai saat ini sudah melahirkan ribuan alumni. Mereka pada umumnya menjadi ulama-ulama di berbagai pelosok di Jawa Barat diantaranya tidak sedikit yang menjadi pejabat pemerintah dan menjadi pengusaha terkemuka.

Pada tahun 1977 bersamaan dengan diselenggarakannya lembaga pendidikan formal, nama Pesantren Sindangsari ditingkatkan menjadi pesantren Al-Jawami. Al-Jawami memiliki pengertian “Lengkap dan Universal”, nama ini diambil dari sebuah kitab yang disenangi oleh KH. Sudja’i yaitu kitab Ushul Fiqih Jam’u al-Jawami’. Dan peletakkan batu pertama gedung lembaga pendidikan formal langsung dilakukan oleh Beliau disaksikan oleh Bapak H. A. Khunaefi selaku Gubernur Jawa Barat dan HR. Moch. Yogi SM. selaku pimpinan Kodam III Siliwangi.

Selanjutnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YAPATA Al-Jawami didirikan pada 16 September 1999 atas dasar kebutuhan dan cita-cita untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat menengah kebawah untuk meneruskan pendidikannnya ke jenjang pendidikan tinggi. Dengan dukungan dari masyarakat dan pejabat pemerintah serta instansi lain, baik pendidikan, sosial dan kemasyarakatan maka dicetuskanlah suatu keputusan Ketua Yayasan Pembina Pendidikan Tinggi Yapata Al-Jawami Bandung nomor 133/SK/YAPATA/Ajm/IX/1999 tentang Pendirian STAI Yapata Al-Jawami.

Diantara para tokoh inti yang ikut andil pada pendirian STAI YAPATA Al-Jawami adalah: KH. R. Totoh Abdul Fatah selaku ketua Yayasan Pembina Pendidikan Tinggi YAPATA Al-Jawami Bandung, Dr. H. Deding Ishak, SH,. MM., Drs. H. Bunyamin Alamsyah, M.Hum., Hj. Rachmayani Dewi, SH., dan Drs. H. Hasjim Rochimi, M.Pd. Selain nama-nama tersebut juga banyak para tokoh yang secara langsung maupun tidak langsung memberikan dukungan moril maupun materil.

STAI Al-Jawami mendapatkan legalisasi pertama berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Islam Departemen Agama RI Nomor E39/2000 tanggal 21 Maret 2000 dengan status terdaftar. Program Studi yang diselenggarakan adalah S1 Pendidikan Agama Islam pada Fakultas Tarbiyah dan S1 Muamalah pada Fakultas Syariah. Saat ini, STAI Yapata Al-Jawami telah memiliki 6 program studi dengan membuka 4 Program Studi baru. Sehingga, program studi yang diselenggarakan di STAI Yapata Al-Jawami saat ini yaitu:

  • Pendidikan Agama Islam (PAI)
  • Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
  • Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)/PGRA
  • Psikologi Islam
  • Manajemen Haji dan Umrah
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam

Mengapa Memilih STAI Yapata Al-Jawami?

STAI Yapata Al-Jawami Bandung berkomitmen untuk memberikan layanan pendidikan terbaik untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul, profesional dan mandiri.

Fasilitas Beasiswa

Terdapat fasilitas beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari Yayasan, Kementerian Agama RI, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan instansi-instansi lainnya.

Tenaga Pengajar Profesional

Untuk menunjang proses perkuliahan, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yapata Al-Jawami memilki dosen pengajar yang terdiri dari lulusan S2 dan S3 yang telah berpengalaman dari perguruan tinggi ternama dengan berbagai disiplin ilmu serta tokoh masyarakat dan agama serta para kyai pimpinan pesantren.

Sarana Memadai

STAI Yapata Al-Jawami memiliki gedung dan fasilitas milik sendiri yang cukup representatif untuk menunjang proses perkuliahan dan kegiatan akademik/non-akademik lainnya.

50
PROFESSIONAL INSTRUCTORS
87
NEW COURSES EVERY YEAR
25
LIVE SESSIONS EVERY MONTH
500
REGISTERED STUDENTS

Our Skilled Instructors

X